Aspek Penting Kerajinan Tembaga dan Kuningan

Aspek Penting Kerajinan Tembaga dan Kuningan

Untuk menghasilkan kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan yang berkualitas memang tidaklah mudah. Selain memerlukan skill khusus, pengerjaan detil produk juga membutuhkan daya kreatifitas, kesabaran serta ketelatenan. Produk kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan yang berkualitas ditentukan oleh beberapa aspek penting berikut ini:
BAHAN BAKU
Bahan baku berupa tembaga dan kuningan haruslah yang berkualitas baik, yakni tembaga dan kuningan murni. Kedua jenis logam ini dikenal memiliki keistimewaan karena daya tahannya yang kuat sehingga mampu bertahan hingga puluhan tahun. Selain itu, tembaga dan kuningan juga bersifat anti korosi (anti karat).
PROSES PEMAHATAN DAN PENGUKIRAN
Karena berupa logam, tembaga dan kuningan memiliki tingkat kekerasan yang tinggi. Untuk mendapatkan hasil pemahatan dan pengukiran yang berkualitas maka diperlukan skill khusus serta butuh kesabaran. Oleh karena itu sumber daya manusia yang mengerjakannya harus terstandardisasi terlebih dahulu. Untuk mematangkan skillnya, mereka diwajibkan mengikuti sejumlah pelatihan.
PROSES PEWARNAAN DAN FINISHING
Sejumlah warna yang dihasilkan oleh tembaga dan kuningan antara lain: coklat muda dan coklat tua, hitam polos, hijau serta warna kombinasi. Untuk menghasilkan warna warna yang unik maka tembaga dan kuningan harus mengalami proses oksidasi terlebih dulu yang melibatkan penggunaan zat kimia tertentu dan dalam jumlah tertentu pula. Namun demikian, proses ini dijamin aman karena warna yang dihasilkan terjadi dari proses yang bersifat alami sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan.
COATING FINISHING
Pada tahapan ini kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan diberikan lapisan clear coating. Tujuannya yaitu untuk menjaga warna agar tidak cepat pudar dan mengalami kerusakan. Dengan clear coating, kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan warnanya tidak akan berubah meskipun diletakkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Begitu pula ketika terjadi perubahan cuaca, clear coating akan menjaga warna kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan sebagaimana asalnya. Selain itu, clear coating mampu menjaga keindahan warna kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan meskipun produk tersebut terkena air ataupun deterjen.
Jika keempat aspek di atas diterapkan dengan baik, niscaya kerajinan tembaga maupun kerajinan kuningan yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang bisa diandalkan.

LEAVE A REPLY

WhatsApp WhatsApp us